Memperbaiki settingan BIOS yang berubah

Tanya :
1. Pada tampilan awal booting ada tulisan "standaed cmos checksum error" so aku harus tekan F1 supaya bootingnya berlanjut kenapa ya?
2. Bila aku turn off komputer kemudian aku turn on lagi, setting BIOS kembali menjadi default, CPU ku biasa jalan di 2.00 GHz tetapi setelah turn off kemudian turn on jadi jalan 1.8 GHz (berubah sendiri) ada apa ya ?
3. Pada waktu aku jalanin DXDIAG disana BIOS ku bertulisan n/a, biasanya ada tulisan phornix, kok bisa berubah ya

Jawab :

1, 2, 3, itu semua disebabkan battery di motherboard anda akan atau sudah habis sehingga tegangan atau voltage sudah rendah maka harus diganti. Anda harus buka chasing komputer satu sisi kemudian lihat ada lempengan warna putih bentuk bulat posisinya biasanya ada dibagian pojok kanan bawah chasing berdiri. Ambil dan bawa sebagai contoh di toko jam atau komputer.

Pada saat memasangnya nanti hati hati jangan sampai polaritasnya (+ -) terbalik. Battery motherboard akan habis dalam kurun 2-3 tahun. sedangkan tulisan phoenix tampil karena adanya settingan BIOS ke mode default yang menampilkan background tulisan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwasannya merk atau pembuat program BIOS komputer anda adalah dari perusahaan phoenix.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

bagaimana dengan acer aspire one 14 yang tidak memiliki cmos gan

Posting Komentar