Membuat virtual hard drive di windows 7


Bila anda ingin mempunyai hard disk tambahan untuk menyimpan atau berbagi file. maka tidak perlu kuatir, karena pada windows 7 telah menyediakan fitur virtual hard disk (VHD). Ini adalah salah satu fitur baru pada windows 7 yang mempunyai kemampuan untuk membuat virtual hard disk.

Membuat virtual drive

Proses pembuatan virtual disk, format VHD dengan ukuran minimum 3 MB. Untuk memulai, klik kanan pada my computer dan ilih menage. Untuk alternatif ketik diskmgmt.msc di box search pada menu start

The computer management screen opens click on disk management then action and create VHD.

Kemudian akan muncul komputer management, klik disk management dan pilih create VHD.
Browse ke direktori yang anda inginkan disk untuk tinggal, memilih ukuran yang anda inginkan, lalu pilih dynamic atau fixed. Jika anda ingin menambah kapasitas disk untuk menampung file, pilih dynamically expanding. Kemudian periksa ukuran fixed bila size ingin ukuran tertentu dan untuk ditetapkan.

Pada disk management akan terlihat daftar virtual drive dengan status unallocated space. Kemudian untuk menggunakannya anda perlu klik kanan dan pilih initialize disk.

pada box iniliatize disk pilih MBR kemudian tekan OK

Buat volume

Sekarang saatnya untuk membuat sebuah volume dengan meng klik kanan space yang tidak terisi dan pilih new simple volume.
Selanjutnya akan bertemu new simple volume wizard dan anda tinggal menyelesaikannya saja. Pilih jumlah ruang yang ingin anda gunakan untuk volume. Kemudian tetapkan nama drive.

Format volume baru sebagai NTFS, FAT32, atau FAT. Periksa apakah anda ngin format cepat dan file kompresi. Wizard selesai klik finish.

Bila anda memiliki auto play yang aktif, maka akan tampil bentuk pop up saat membuka virtual hard disk baru.

Maka akan terdaftar sebagai disk lain dalam disk management. Anda bisa melihatnya di bawah my computer.

Ini adalah fitur baru yang keren yang memberikan keleluasaan anda menggunakan disk seperti pada disk nyata. Anda juga dapat mengenkripsinya, berbagi ke sistem lain.

Fitur baru di windows 7 akan menambah fungsionalitas dan pilihan pada system. Ada beberapa cara untuk dapat menggunakan VHD termasuk membuatnya bootable.

0 komentar:

Posting Komentar