Fungsi Cache pada komputer

Ketika sebuah aplikasi dijalankan oleh sebuah komputer beberapa bagian dari aplikasi ditempatkan di memori. Setelah itu sebagian isi data yang ada pada memori di tempatka di L2 cache. Kemudian dari L2 dilempar ke L1 cache.

Memori cache adalah sistem penyimpanan data cadangan berkecepatan tinggi yang digunakan oleh komputer yang menjebatani aliran data atau buffer antara prosesor dengam media penyimpanan data atau memori. Ini terjadi ketika prosesor, misalnya menjalankan aplikasi photoshop, mengolah data, menyimpan dan mengeksekusi perintah perintah pada hard disk, yang kinerjanya jadi lamban karena keterbatasan kecepatannya. Masalah ini diistilahkan dengan botleneck - aliran yang mengerucut atau semakin mengecil seperti leher botol, yakni ketidak maksimalan performa antara prosesor, harddisk dan memori.

Untuk meningkatkan waktu akses atau access time, dimanfaatkanlah sistem cache, dengan memanfaatkan cache pada prosesor yang memiliki kecepatan yang lebih tinggi untuk mengollah data yang diinput, yakni L1 cache dan L2 cache

1 komentar:

ijo crumut mengatakan...

nice artikel untuk tugas kuliah :D

Posting Komentar