Mengubah ponsel lama menjadi modem cdma

Trend menggunakan koneksi internet dengan ponsel cdma memang sudah lama. bahkan sekarang telah banyak beradar usb cdma yang bisa menjadi modem. apalagi sekarang sebagian besar operator cdma telah menyediakan layanan internet yang cukup murah diantaranya flexi, frend atau smart.

Anda bisa menggunakan ponsel cdma merk apa saja , asal ponsel tersebut sudah bisa digunakan untuk akses internet. ambil contoh yang paling gampang adalah ponsel yang telah menyertakan fasilitas kemampuan facebok , twitter atau situs situs jejaring sosial lainnya.

untuk beberapa ponsel cdma lama seperti ponsel nokia cdma tipe 3105, 3125, 2112, 6585, 6225, 3205, bisa difungsikan sebagai modem. misalnya nokia cdma tipe 3105 yang harga bekasnya sekarang bekisar 150 ribuan ditambah kabel data seharga 40 ribuan, sudah bisa digunakan sebagai modem berkecepatan 115 kbps.

kelebihan dari penggunaan ponsel nokia lama ini karena sebagian besar ponsel nokia cdma lawas mendukung teknologi dula band. jadi bisa digunakan untuk flexinet, esia, frend atau smart.

untuk nokia lama anda perlu menginstall driver dku5, jadi sebaiknya jangan mengkoneksikan kabel dku5 ke pc atau laptop . driver dku5 ini biasanya disertakan dalam satu paket saat pembelian kabel dku5. bila anda tidak mempunya cd driver dku5 ini dengan beberapa alasan , anda bisa mendownloadnnya di www.nokia.co.id/dukungan-dan-software/software/driver-kabel.

Proses setting
bagaimana proses menyettingnya ? ikuti langkah langkah dibawah ini
1. masukkan cd dku5 ke dalam drive cdrom , maka proses instalasi akan berjalan dengan sendirinya. bila auto run tidak jalan klik aja setup exe. bila anda mempunyai file dku5 jalankan file tersebut.
2. klik nest untuk melanjutkan proses installasi
3. klik finish
4. sekarang hubungkan ponsel dengan kabel data dku5 lalu hubungkan kabel data tersebut dengan komputer , pada sistem operasi windows xp , pc atau laptop akan secara otomatis mendeteksi kabel data dku5
5. kemudian akan muncul wizard , pilih install the software automatically (recommended) lalu klik next
6. tunggu beberapa saat karena komputer lagi mencari hardware baru yang terpasang . klik continue anyway
7. klik finish untuk mengakhiri proses penginstallan kabel data dku5
8. selanjutnya adalah menginstall modem driver nokia cdma. sebelum installasi modem kamu harus mengetahui com yang harus digunakan oleh kabel data dku5 untuk mengetahuinya klik start control panel
9. klik 2 kali icon system
10.klik hardware dan piilih tab device menager
11. klik ports (com & LPT), jika port 1 on nokia adapter telah menentukan com 5 maka pada saat menginstall modem pilih com5 juga
12. saat ini memulai proses penginstallan modem . klik starrt . control panel
13. pilih phone and modem options
14. pada bagian atas ada beberapa pilihan tab : dialing rules, modems, advanced, pilih modems lalu add.
15. klik add lalu klik dont detect my modem, tekan next
16. klik have disk
17. klik browse lalu browse ke file nmpCDMA_1x(USB).inf yang tersedian di cd dku5
18. lalu klik ok
19. pilih nokia cdma2000 1x 3g paket data modem, lalu klik next. pilih port com yang sama dengan yang terdeteksi pada device menager, lalu klik next
20. pilih continue anyway
21. klik finish untuk mengakhiri proses installasi modem

Membuat dial up
Setelah proses installasi modem , anda harus membuat dial up nya . jadi anda membuat beberapa dial up sesuai dengan operator yang digunakan. untuk membuat dial up ini ikuti beberapa langkah di bawah :
1. klik start, control panel, klik network connection
2. klik create a new connection
3. kemudian akan muncul wizard, klik next
4. pilih set up my connection manually , lalu klik next
5. Pilih connect using dial up modem lalu klik modem
6. pilih modem nokia cdma2000 1x, lalu klik next
7. ketik nama untuk connection name (misalnya nokia cdma) lalu klik next
8. ketik #777, lalu klik next
9. masukkan username dan password sesuai dengan operator . bila anda menggunakn flexinet harian sebaiknya gunakan seting yang flexibel, karena sistemnya harian, jadi user name dan password sering berbedad beda.
10. setelah muncul wizard new connection , klik atau tandai add shortcut lalu klik next
11. sekarang anda tinggal dial untuk mengkoneksikan internet

0 komentar:

Posting Komentar