Cara membasmi virus secara manual dengan mudah

Tidak semua program antivirus dapat membersihkan file yang sudah terinfeksi oleh virus . Adakalanya sebuah virus tidak juga terdeteksi antivirus meskipun antivirus tersebut sudah diupdate.

Apalagi bila kita telah memakan waktu lama menscan tetapi juga masih ada yang tersisa. bahkan bisa bisa file penting akan rusak setelah di scan dan dibersihkan oleh antivirus yang tidak tepat.

Bila komputer anda terserang virus mudah mudah panduan berikut ini bisa berguna,
secara manual. berikut ini adalah cara menghilangkan virus yang dilakukan secara manual tanpa program antivirus.

1. Mematikan virus di memori
tekan Ctrl+Alt+Del untuk menampilkan windows task manager ke bagian processes kemudian klik bagian user name untuk mengurutkan file yang diproses pada memori . lihat apakah ada bagian yang mencurigakan atau tidak. Bila banyak yang di load, sebaiknya matikan startup otomatis tersebut lewat task bar pojok kanan bawah . dan matikan semua icon tersebut dengan cara quit atau exit dari program. langkah ini untuk mencegah virus menyebar lewat memori. matikan semua file exe yang loading di memori. jangan mematikan file yang terkategori system , local service, dan network service. karena bisa membuat sistem hang.

2. nonaktifkan virus di startup
gunakan perintah MSCONFIG klik menu start - run - msconfig. maka akan tampil system configuration utility - pilihlah startup . bila anda tidak tahu mana yang loading virus dan mana yang bukan, sebaiknya pilih disable all. nanti bisa anda aktifkan kembali startup yang diinginkan jika virus sudah bersih.

tetapi bila anda mengerti file mana yang perlu loading dan mana yang tidak ( merupakan virus ) , sebaiknya mebuang tanda centang di kotak bagian kiri jika anda menganggapnya sebagai virus. cara ini akan menonaktifkan virus saat startup.

3. hapus file virus dari komputer
klik start - search - carilah file EXE. ( contoh happy : EXE ) yang sebelumnya loading di memori atau startup . file ini biasanya disimpan oleh pembuatnya di bagian folder windows atau sistem32. setelah ketemu , hapus file tersebut.

4. hapus file dari sistem registry
gunakan perintah regedit , caranya : start - run - regedit - ke menu edit - find - masukan nama file virus yang ingin anda hapus lalu pilih find next. apabila ketemu file virus , hapus semua registry yang memuat virus tersebut.

lanjutkan menekan tombol F3 atau di menu pilih edit - find nest . biasanya file virus diletakan dibeberapa tempat di registryy. jadi pastikan anda menghapus semuanya hingga bersih . kalau tidak pekerjaan tersebut akan sia sia

5. dengan tool gratis
ada beberapa tools yang berguna untuk mempermudah menghilangkan virus dari komputer diantaranya adalah seperti dibawah ini yang juga gratis tanpa membeli

CProses
tools ini fungsinya seperti task manager tools ini sangat bagus dalam mengenali mana virus dan yang bukan karena mengandung informasi detil mengenai file yang terload di memori. misalnya file yang benar (bukan virus) selalu tertulis nama perusahaan pembuatnnya contoh windows buatan microsoft corp. tool ini bisa didapat di www.nirsoft.net/utils/cprocess.html

Hijack this
tools yang sangat bagus sekali sebagai pengganti command msconfig. seringkali virus mematikan hak akses kita terhadap msconfig supaya kita tidak bisa menghapus file virus yang terloading ketika startup . nah program ini berfungsi untuk menggantikan msconfig yang tidak bisa aktif. selain itu program ini bisa mendeteksi lebih mendetail seperti spyware yang masuk ke browser kita dan bisa menonaktifkannya.
untuk mendapatkannya silahkan kunjungi free.antivirus.com/hijackthis/

CCleaner
selain untuk menggantikan command regedit, tools ini bisa membersihkan virus di registry secara otomatis . selain itu ccleaner juga bisa mempercepat akses windows dengan membersihkan semua sampah sampah di dalam registry. untuk mendapatkannya silahkan kunjungi piriform.com/ccleaner

AVG 8 free edition
program antivirus gratis ini sangat powerful dalam mengatasi virus dari ,uar negeri. untuk mendapatkannya silahkan kunjungi free.avg.com

0 komentar:

Poskan Komentar