Cara mudah bikin mozaik foto


Memberikan efek di foto merupakan hal yang sangat menyenangkan. Apalagi kalau kita bisa memberi efek efek yang menarik. Banyak sekali efek yang bisa kita gunakan untuk mempercantik atau memperindah foto semisal mozaik foto.

Pembuatan mozaik foto bisa dilakukan secara manual atau menggunakan sebuah software. Masyarakat paling banyak menggunakan software andreamosaic. Software ini bisa diunduh di www.andreaplanet.com. Andreamosaic memberikan kita kemudahan untuk membuat mozaik foto dengan cepat dengan cara yang mudah.

Andreamosaic bisa digunakan dibeberapa operating system seperti windows xp, vista bahkan windows yang terbaru yakni windows 7. Tidak hanya itu, software ini bisa berjalan di operating sistem linux dan mac OS.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai membuat mozaik foto, meliputi :
1. siapkan foto yang akan menjadi foto utama
2. sediakan foto dengan jumlah yang banyak dan taruh didalam satu folder.

seusai menyiapkan kebutuhan untuk membuat mozaik foto ikuti langkah langkah dibawah ini.

1. unduh file setup andreamosaic di andreaplanet.com pilih file setup sesuai dengan operating system yang sekarang anda gunakan.

2. seusai mengunduh file setup pembuat mozaik foto lanjutkan dengan menginstallnya ke komputer anda

3. lanjutkan dengan membuka program andreamosaic

4. Setelah software andreamosaic terinstall di komputer. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih file foto dari komputer yanng akan anda jadikan foto utama dengan menekan tombol +

5. Pilih file foto yang akan digunakan sebagai foto utama, lalu klik tombol open. tunggu prosesnya hingga selesai. Jika foto sudah nampak di preview yang terletak dibagian kanan, itu tandanya proses sudah selesai.

6. disoftware ini terdapat beberapa kolom yang mempunyai fungsi yang berbeda beda, salah satunya yakni kolom untuk mengatur ukuran, resolusi hingga jumlah potongan foto yang akan digunakan.

dibawah ini akan menjelaskan satu persatu kolom yang ada di size parameters :
- mosaic size : berguna untuk memberi ukuran dari gambar mozaik yang akan anda buat. Ada banyak ukuran yang bisa anda pilih.
- mosaic resolution : sebagai pengatur resolusi daari gambar mozaik
- tile size : pengatur jumlah potongan yang akan digunakan

7. seusai dari kolom size parameters, kini berlanjut ke kolom bagian bawahnya yang bernama tile duplication. disini anda bisa mengatur jumlah diduplikasi foto penyusun gambar dan juga mengatur jarak antar duplikasi.

pada kolom no 1 bernama use name tile up to, berguna untuk mengeset jumlah duplikasi foto yang digunakan, sedangkan untuk mengatur jarak antara duplikasi foto anda bisa menggunakan duplicate spacing.

8. jika tatanan foto kurang menarik, anda bisa mengatur tatanan foto dengan menggunakan fitur pattern dengan banyak ragam pilihan tatanan foto. sedangkan untuk presentase perubahan warna foto penyusun bisa diatur di colour change.

9. foto yang dijadikan sebagai foto penyusun bisa kita atur posisinya. disini kita bisa mengatur posisi foto penyusun dengan 5 varian yakni. Original tile, rotate 90 derajat, rotate 180 derajat, mirror, flip vertically. dengan fitur ini kita bisa membuat mozaik foto dengan berbagai macam susunan foto.

10. sekarang saatnya memilih foto yang akan dijadikan sebagai foto penyusun. Klik tombol select tiles lalu pilih foto yang akan digunakan.

11. kini pilih foto yang sudah ditaruh dalam satu folder dengan mengeklik tombol add folder lalu pilih folder yang sudah anda siapkan dengan foto foto yang sudah anda pilih.

12. simpan foto anda dengan mengeklik tombol save archieve, lalu pilih tempat untuk menyimpan dan beri nama sesuai dengan selera anda. Jika sudah selesai simpan dengan menekan tombol save.

13. secara otomatis foto yang terdapat di folder akan tampil secara menurun dengan menampilkan nama file dan directorynya.

14. di bagian bawah box select tiles terdapat info tentang banyaknya foto yang terpilih tadi dan juga kita bisa mengubah warna gambar menjadi hitam putih. hanya dengan memberi tanda centang di box yang tersedia. lalu sudahi dan keluar dari fitur select tiles dengan menekan tombol ok.

15. Sekarang kita mulai membuat mosaic foto dengan menekan tombol create mosaic lalu tunggu prosesnya hingga selesai.

16. setelah itu akan muncul pemberitahuan dari andreamosaic yang memberitahukan bahwa mosaic photo sudah selesai. Jika ingin langsung melihat hasil mosaic foto klik tombol yes, namun jika tidak ingin melihat langsung klik tombol no.

17. sekarang anda bisa membuat mozaik foto dengan cepat dan tidak membutuhkan cara yanng ribet.

TIPS TRIK
ada beberapa tips supaya mozaik foto terlihat lebih bagus dan juga lebih menarik.
1. perbanyak foto penyusun agar foto utama terlihat lebih menarik.
2. gunakan potongan sebanyak mungkin supaya foto terlihat lebih menarik
3. banyak farian potongan akan lebih memperindah foto
4. [ilihan tatanan foto juga bisa mempengaruhi indah tidaknya foto.

1 komentar:

rizki darmawan mengatakan...

mas, saya sudah berusaha mencoba . .tetapi kenap gambar utamanya selalu klah ya??
mohon pencerahanya mas

Posting Komentar